SISTEM OPERASI ANDROID FROYO VERSI 2.2

SEJARAH ANDROID

Sistem Operasi adalah program yang berfungsi sebagai dasar yang mengoprasikan dan mengaktifkan hubungan semua perangkat keras didalamnya. Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang (developer) untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat sistem operasi untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi, termasuk Googlee, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
Pada Juli 2000, Google bekerjasama dengan Android Inc., perusahaan yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat. Para pendiri Android Inc. bekerja pada Google, di antaranya Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler. Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler. Di perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler. versi android terbaru yaitu versi 3.0. Android juga sudah bergabung dengan beberapa smart mobile seperti Nokia, Sony Ericsson, dan lainnya
Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler. Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).
Sistem operasi Android buatan Google akan meramaikan dunia pasar smart phone. Hampir semua vendor ponsel kecuali Nokia siap mengadopsi teknologi ini. Android kini dalam posisi yang baik untuk menjadi tingkat atas dalam Smart phone selama dua sampai tiga tahun “(Neil Mawston, direksi di Strategi Analytics)”.
Sistem operasi Android menjadi pilihan yang baik bagi vendor-vendor smart phone karena memiliki biaya lisensi lebih murah dan sifatnya yang semi opensource. Tidak hanya itu Android tentunya akan support dengan berbagai layanan dari Google. Walau sempat terganjal masalah trademark Android, Google tetap akan merilis Android ke pasaran. Sebelumnya Google terganjal masalah trademark nama Android yang sudah dipatenkan oleh sebuah perusahaan defeloper software dan aplikasi internet di US Patent dan Trademark Office (USPTO) dengan nama Android Dara.

VERSI ANDROID

1. Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email
2. Android versi 1.5 (Cupcake) Android versi ini Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem
3. Android versi 1.6 (Donut). Android versi ini menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.
4. Android versi 2.0/2.1 (Eclair). Android versi ini menampilkan perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.
5. Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt). Android versi ini memberikan dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.
6. Android versi 2.3 (Gingerbread). Android versi ini memberikan dukungan peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.
7. Android versi 3.0 (Honeycomb). Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis

PEMBAHASAN TENTANG ANDROID FROYO
Google telah mengumumkan sistem operasi terbaru dari OS Android pada Jumat (21/5) dengan nama Android 2.2 Froyo yang merupakan penerus dari Android 2.1 Eclaire. “Froyo” yang kependekan dari Frozen Yogurt akan dilengkapi dengan Wi-Fi hot spot dan dapat juga menjadi modem 3G melalui kabel USB. Selain fasilitas hot-spot, versi terbaru ini juga didukung dengan program Flash untuk memutar video. Fasilitas-fasilitas ini nantinya akan ditampilkan pada telepon pintar yang menggunakan sistem Operasi Google Android.
Selain itu, Froyo juga tampil dengan browser baru Javascript V8 dengan daya loading yang kian cepat. Ditambah lagi dengan kekuatan CPU yang lima kali lebih cepat ketimbang Eclaire. Memori-nya pun telah diperbaharui sedemikian rupa, sehingga switching aplikasi terasa begitu lembut. Fitur pada kamera juga mengalami modifikasi dimana Froyo menawarkan tombol kamera pada layar untuk mengatur zooming, flash, white balance, geo-tagging, fokus, dan exposure. Bahkan, Froyo juga mampu mengoperasikan flash LED untuk cahaya pada rekaman gambar bergerak.
Kelebihan lain dari Froyo adalah pengguna tidak harus menginstal aplikasi on-board, tetapi juga bisa di storage eksternal, misalnya kartu SD. Produk itu juga menawarkan layanan back-up dan restore untuk mem-back up data-data penting. Terdapat juga kontrol ‘car mode’ dan ‘night mode’ untuk menyesuaikan user interface dengan situasi sekitarnya.
Pada Android 2.2 Froyo, Google memang banyak menampillkan improvisasi dari fitur-fitur baru yang cukup signifikan. Sehingga jika dilihat dari segi performa, Froyo termasuk salah satu platform yang paling matang dan maju di industrinya. Hal ini dibuktikan Google dengan memasukkan Flash 10.1 pada?Froyo. Flash 10.1 sendiri merupakan salah satu add-on yang paling ditunggu-tunggu.
Vice President of Engineering Google, Vic Gundotra mengatakan lebih dari 60 persen telepon pintar yang beredar di pasaran menggunakan sistem operasi Android. “Ini adalah momentum bagi Android” katanya. Gundotra bahkan berani menyatakan Froyo lebih unggul dibandingkan dengan saingannya yaitu iPad, iPhone dan iPod yang merupakan produk buatan Apple
CARA KERJA ANDROID FROYO 2.2

PONSEL ANDROID FROYO 2.2

1. Samsung Galaxy Mini S5570
2. CDMA Huawei IDEOS

REFERENSI
http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Android_%28sistem_operasi%29&action=edit&section=9
http://www.linkpdf.com/download/dl/android-froyo-.pdf

About classcpp

menyukai hal yang menantang
This entry was posted in sistem operasi and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s